Rabu, 29 Juli 2009

Dikuti Puluhan Guru

SEMINAR: Puluhan guru tampak serius mengikuti seminar tentang sertifikasi guru yang dilaksanakan BEM STAI Ma’arif Jambi.
JAMBI - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif menggelar seminar pendidikan dengan tema ‘kiat sukses menuju sertifikasi’ dan ‘peranan guru dalam menyukseskan UU guru dan dosen’. Seminar bertempat di Asrama Haji, Kota Baru, Sabtu (25/07), ini diikuti puluhan guru SD, SMP dan SMA di Kota Jambi, bahkan ada yang dari kabpaten diantaranya Sarolangun dan Tanjung Jabung Timur.


Ketua BEM STAI Ma’arif, Junaidi Hamsar, mengatakan
kegiatan ini turut membantu program pemerintah. Pemateri yang diundangun adalah yang berkompeten di bidangnya. Masih banyak guru yang belum memahami tentang sertifikasi. Diharapkan setelah kegiatan ini para guru dapat bias lebih paham dan mensosialisasikannya kembali kepada guru lain.

Usai opening ceremony pukul 10.30 WIB, dilanjutkan dengan presentasi makalah oleh tim Widyaswara LPMP Prov Jambi, Drs Budi Hartono MPd, tentang upaya peningkatan kualitas pendidikan menuju guru yang profesional.

Dipaparkan Budi, seorang guru disebut guru profesional karena kemampuannya dalam mewujudkan kinerja profesi guru secara utuh, yang dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam mencapai tujuan pendidikan.

Melihat kemampuan profesional dapat melalui dua presfektif. Pertama, tingkat pendidikan minimal atau latar belakang pendidikan. Kedua, penguasaan guru terhadap materi bahan ajar, mengelola proses pembelajaran siswa, dan melaksanakan tugas bimbingan. Upaya menuju guru profesional telah ada dalam UU No 14/2005 tentang guru dan dosesn, yang menyebutkan bahwa kompetensi guru mencakup kompetensi pedagogic, kepribadian, profesional dan sosial.

“Penentuan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik profesional adalah salah satu tujuan dari sertfikasi guru. Selain itu, juga upaya meningkatkan proses dan hasil pembelajaran, meningkatkan kesejahteraan guru, martabat guru, dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu,” timpal Drs Ali Usmar Naution MPd, tim Sertifikasi LPPK Wilayah VIII Fak Tarbiyah.

Dikatakan Ali dalam makalahnya, sertifikasi guru dalam jabatan dilakukan melalui penilaian potofolio dan jalur pendidikan. Penilaian portofolio merupakan pengakuan atas pengalaman profesional guru dalam bentuk penilaian terhadap kumpulan dokumen yang mencerminkan kompetensi guru. Sedangkan, pola jalur pendidikan diperuntukkan bagi guru berprestasi.

Dalam seminar tersebut, terlihat antusias peserta melalui pertanyaan yang diajukan kepada pemakalah. Rangkaian seminar berjalan lancar dan sukses, ditutup langsung oleh Pembantu Ketua II STAI Ma’arif Jambi, Drs Kemas Imron Rosyadi MPd.

2 komentar:

roy prabu mengatakan...

alhamdulilah STAI MA'ARIF Jambi Udah Banyak Kemajuan sukses untuk STAI MA"ARIF (By.ISROFIL Alumni STAI MA'ARIF JAMBI)

JUNAIDI HAMSAR mengatakan...

makasih komentarnya